Jumat, 11 Oktober 2013

Psikologi Manajemen : Tugas 1

1.   APA ITU MANAJEMEN
Menurut Profesor Oei Liang Lee definisi manajemen adalah sebagai berikut :
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa dalam mencapai tujuan perusahaan harus memperhatikan secara optimal terhadap kepentingan-kepentingan yang menyangkut kepentingan konsumen, penanam modal, anggota perusahaan (karyawan), pemerintah, masyarakat dan supplier.

Setiap organisasi di dalam mencapai tujuannya kemungkinan besar akan berhasil bila mampu membuat suatu perencanaan, mampu untuk mengorganisir, memberikan pengarahan-pengarahan kerja, mengkoordinasikan antar bagian-bagiannya serta mampu pula untuk melakukan pengawasan. Tanpa manajemen, semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.
Ada tiga alasan utama diperlukannya manajemen yaitu :
a.       Untuk mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan pribadi.
b.       Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi.
c.       Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar dengan membandingkan keluaran (hasil, produktivitas, performance) dengan masukan-masukan (tenaga kerja, bahan, uang, mesin dan waktu) yang digunakan. Efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, manajer yang efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metode yang tepat untuk mencapai tujuan.

2.   JENIS-JENIS MANAJEMEN
a.       Manajemen Sumber Daya Manusia
Menurut Drs. Malayu S.P. Hasibuan, MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.
b.       Manajemen Informasi
Manajemen informasi sebagai suatu sumber mempunyai pola yang sama. Manajer bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi informasi yang dapat digunakan.
c.       Manajemen Keuangan
Menurut James Van Horne, manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

3.   APA ITU KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan adalah bagian penting manajemen, tetapi tidak sama dengan manajemen. Kepemimpinan adalah sikap dan perilaku untuk mempengaruhi para bawahan agar mereka mampu bekerjasama sehingga dapat bekerja secara lebih efisien dan efektif.
Kepemimpinan itu menyangkut orang lain, yakni bawahan. Tanpa adanya bawahan, semua kualitas kepemimpinan seorang manajer akan menjadi tidak relevan. Kepemimpinan juga menyangkut suatu pembagian kekuasaan yang tidak seimbang antara para pemimpin dan anggota kelompok.

PERENCANAAN DAN PENETAPAN MANAJEMEN
1.   PENGERTIAN PERENCANAAN
Perencanaan adalah suatu proses yang tidak berakhir bila rencana tersebut telah ditetapkan, rencana harus diimplementasikan.
Perencanaan yang baik dapat dicapai dengan mempertimbangkan kondisi di waktu yang akan datang ketika perencanaan dan kegiatan yang diputuskan akan dilaksanakan, serta periode sekarang pada saat rencana dibuat.
Menurut Sondang P. Siagian Perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang dari pada hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

2.   MANFAAT PERENCANAAN
a.       Membantu penempatan tanggung jawab lebih tepat
b.       Menghemat waktu usaha dan dana
c.       Memudahkan dalam melakukan koordinasi diantara berbagai organisasi
d.       Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
e.       Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti.

3.   JENIS PERENCANAAN DALAM ORGANISASI
Ada dua jenis utama rencana yaitu sebagai berikut :
a.       Rencana-rencana strategik. Yang dirancang memenuhi tujuan-tujuan organisasi yang lebih luas, mengimplementasikan misi yang memberikan alasan khas keberadaan organisasi.
b.       Rencana-rencana operasional. Penguraian lebih terperinci bagaimana rencana-rencana strategik akan dicapai. Ada dua jenis rencana operasional : Pertama, rencana sekali pakai (single use plans) dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dan tidak digunakan kembali bila telah tercapai. Kedua, rencana tetap (standing plans) merupakan pendekatan-pendekatan standar untuk penanganan situasi-situasi yang dapat diperkirakan dan terjadi berulang-ulang.

TULISAN MENGENAI MANAJEMEN
Manajemen sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari karena berperan penting dalam menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penulisan saya kali ini adalah mengenai manajemen pada diri saya sendiri, yaitu :
1.       Manajemen Waktu
Dalam dunia perkuliahan pastinya kita merasa sibuk dengan kegiatan yang ada di kampus, apalagi ditambah tugas-tugas yang harus kita selesaikan. Dan kadang kita bingung harus bagaimana agar semua tugas kita dapat terselesaikan dengan tepat pada waktunya. Kebanyakan mahasiswa tidak bisa membagi waktu dengan baik antara kuliah, belajar, istirahat dan lain sebagainya. Misalnya ketika sedang banyak tugas kita sampai lupa makan karena terlalu fokus terhadap tugas yang harus diselesaikan. Bukan hanya lupa makan, kita juga sering tidur larut malam hanya untuk mengerjakan tugas agar cepat selesai. Memang itu semua kita lakukan agar semua tugas kita dapat terselesaikan, namun juga dapat merugikan kesehatan kita.
Nah, solusi yang tepat adalah kita harus bisa memanajemen waktu kita agar semua kegiatan kita tidak berantakan dan merugikan diri kita sendiri.
2.       Manajemen Keuangan
Memanajemen keuangan kita itu sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan mengatur keuangan kita, kita menjadi lebih hemat. Jika kita tidak bisa memanajemen keuangan kita maka kita akan selalu kehabisan uang karena terlalu boros. Misalnya, kita sering membeli sesuatu yang tidak penting dan diluar kebutuhan kita. Agar kita bisa hidup hemat, kita harus bisa memanajemen keuangan kita. Itulah pentingnya manajemen dalam kehidupan kita sehari-hari.


Referensi
·         Zamani, H. 1998. Manajemen. Jakarta: Badan Penerbit IPWI
·         Margianti, E.S dan Suryadi H.S, D. 1994. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Gunadarma
·         Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
·         Widyatmini. 1992. Pengantar Bisnis. Jakarta: Gunadarma
·         Yahya, Yohannes. 2006. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar