1. APA
ITU MANAJEMEN
Menurut Profesor Oei
Liang Lee definisi manajemen adalah sebagai berikut :
Manajemen
adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan,
mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen
merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang
tersedia semaksimum mungkin. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa dalam
mencapai tujuan perusahaan harus memperhatikan secara optimal terhadap
kepentingan-kepentingan yang menyangkut kepentingan konsumen, penanam modal,
anggota perusahaan (karyawan), pemerintah, masyarakat dan supplier.
Setiap
organisasi di dalam mencapai tujuannya kemungkinan besar akan berhasil bila
mampu membuat suatu perencanaan, mampu untuk mengorganisir, memberikan
pengarahan-pengarahan kerja, mengkoordinasikan antar bagian-bagiannya serta
mampu pula untuk melakukan pengawasan. Tanpa manajemen, semua usaha akan
sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.
Ada
tiga alasan utama diperlukannya manajemen yaitu :
a. Untuk mencapai tujuan.
Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan pribadi.
b. Untuk menjaga keseimbangan diantara
tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Manajemen dibutuhkan
untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan
kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan
dalam organisasi.
c. Untuk mencapai efisiensi dan
efektivitas. Efisiensi adalah kemampuan untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar dengan membandingkan keluaran
(hasil, produktivitas, performance) dengan masukan-masukan (tenaga kerja,
bahan, uang, mesin dan waktu) yang digunakan. Efektivitas merupakan kemampuan
untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian
tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, manajer yang efektif dapat
memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metode yang tepat untuk mencapai
tujuan.
2. JENIS-JENIS
MANAJEMEN
a. Manajemen
Sumber Daya Manusia
Menurut Drs. Malayu
S.P. Hasibuan, MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga
kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan
dan masyarakat.
b. Manajemen
Informasi
Manajemen informasi
sebagai suatu sumber mempunyai pola yang sama. Manajer bertanggung jawab untuk
mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi informasi yang dapat
digunakan.
c. Manajemen
Keuangan
Menurut James Van
Horne, manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan
perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.
3. APA
ITU KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan
adalah bagian penting manajemen, tetapi tidak sama dengan manajemen. Kepemimpinan
adalah sikap dan perilaku untuk mempengaruhi para bawahan agar mereka mampu
bekerjasama sehingga dapat bekerja secara lebih efisien dan efektif.
Kepemimpinan
itu menyangkut orang lain, yakni bawahan. Tanpa adanya bawahan, semua kualitas
kepemimpinan seorang manajer akan menjadi tidak relevan. Kepemimpinan juga
menyangkut suatu pembagian kekuasaan yang tidak seimbang antara para pemimpin
dan anggota kelompok.
PERENCANAAN
DAN PENETAPAN MANAJEMEN
1. PENGERTIAN
PERENCANAAN
Perencanaan
adalah suatu proses yang tidak berakhir bila rencana tersebut telah ditetapkan,
rencana harus diimplementasikan.
Perencanaan
yang baik dapat dicapai dengan mempertimbangkan kondisi di waktu yang akan
datang ketika perencanaan dan kegiatan yang diputuskan akan dilaksanakan, serta
periode sekarang pada saat rencana dibuat.
Menurut
Sondang P. Siagian Perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan
penentuan secara matang dari pada hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang
akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.
2. MANFAAT
PERENCANAAN
a. Membantu
penempatan tanggung jawab lebih tepat
b. Menghemat
waktu usaha dan dana
c. Memudahkan
dalam melakukan koordinasi diantara berbagai organisasi
d. Membantu
manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
e. Meminimumkan
pekerjaan yang tidak pasti.
3. JENIS
PERENCANAAN DALAM ORGANISASI
Ada dua jenis utama rencana
yaitu sebagai berikut :
a. Rencana-rencana strategik.
Yang dirancang memenuhi tujuan-tujuan organisasi yang lebih luas, mengimplementasikan
misi yang memberikan alasan khas keberadaan organisasi.
b. Rencana-rencana operasional. Penguraian
lebih terperinci bagaimana rencana-rencana strategik akan dicapai. Ada dua
jenis rencana operasional : Pertama, rencana sekali pakai (single use plans)
dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dan tidak digunakan kembali
bila telah tercapai. Kedua, rencana tetap (standing plans) merupakan
pendekatan-pendekatan standar untuk penanganan situasi-situasi yang dapat
diperkirakan dan terjadi berulang-ulang.
TULISAN
MENGENAI MANAJEMEN
Manajemen
sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari karena berperan penting dalam
menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penulisan
saya kali ini adalah mengenai manajemen pada diri saya sendiri, yaitu :
1. Manajemen
Waktu
Dalam
dunia perkuliahan pastinya kita merasa sibuk dengan kegiatan yang ada di kampus,
apalagi ditambah tugas-tugas yang harus kita selesaikan. Dan kadang kita
bingung harus bagaimana agar semua tugas kita dapat terselesaikan dengan tepat
pada waktunya. Kebanyakan mahasiswa tidak bisa membagi waktu dengan baik antara kuliah, belajar, istirahat dan
lain sebagainya. Misalnya ketika sedang banyak tugas kita
sampai lupa makan karena terlalu fokus terhadap tugas yang harus diselesaikan.
Bukan hanya lupa makan, kita juga sering tidur larut malam hanya untuk
mengerjakan tugas agar cepat selesai. Memang itu semua kita lakukan agar semua
tugas kita dapat terselesaikan, namun juga dapat merugikan kesehatan kita.
Nah,
solusi yang tepat adalah kita harus bisa memanajemen waktu kita agar semua
kegiatan kita tidak berantakan dan merugikan diri kita sendiri.
2. Manajemen
Keuangan
Memanajemen
keuangan kita itu sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan
mengatur keuangan kita, kita menjadi lebih hemat. Jika kita tidak bisa
memanajemen keuangan kita maka kita akan selalu kehabisan uang karena terlalu
boros. Misalnya, kita sering membeli sesuatu yang tidak penting dan diluar
kebutuhan kita. Agar kita bisa hidup hemat, kita harus bisa memanajemen
keuangan kita. Itulah pentingnya manajemen dalam kehidupan kita sehari-hari.
Referensi
·
Zamani, H. 1998. Manajemen. Jakarta:
Badan Penerbit IPWI
·
Margianti, E.S dan Suryadi H.S, D. 1994.
Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Gunadarma
·
Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
·
Widyatmini. 1992. Pengantar Bisnis.
Jakarta: Gunadarma
·
Yahya, Yohannes. 2006. Pengantar
Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar