Sabtu, 13 Oktober 2012

Minggu 3


INTERNET ADDICTION
Kecanduan Internet (internet addiction) merupakan sebuah kondisi control impuls ketika individu merasakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat di tunda untuk terlibat dalam aktivitas di internet.
Di era globalisasi ini, perkembangan teknologi yang sangat pesat semakin memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah internet. Internet merupakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, yang memberikan peluang untuk mendapatkan akses informasi dengan cepat, tepat dan terjangkau. Dengan adanya internet masyarakat dapat membentuk, membuka dan menyumbangkan pemikiran terhadap dunia ini.
Dan bisa dikatakan bahwa internet merupakan dunia yang sangat menyenangkan. Karena tidak hanya informasi yang dapat kita cari dalam internet, tetapi kini munculah jejaring facebook atau tweeter yang sangat marak di dunia internet. Hal ini yang membuat seseorang kecanduan internet. Bukan hanya orang dewasa yang dapat kecanduan internet, tetapi anak-anak pun kini juga kecanduan internet karena munculnya game-game di dunia internet.

Penyebab Kecanduan Internet
Seorang pakar psikolog di Amerika Serikat, David Greenfield menemukan sekitar 6% dari pengguna internet mengalami kecanduan. Orang-orang tersebut mengalami gejala yang sama dengan kecanduan obat bius, yaitu lupa waktu dalam berinternet.
            Kebanyakan orang yang kecanduan internet ini dikarenakan mereka menemukan kepuasan di internet, yang tidak mereka dapatkan di dunia nyata. Ada beberapa aktifitas positif yang menyebabkan kecanduan yaitu seperti blogging, social networking (facebook,friendster,myspace), dan lainnya. Tetapi, kebanyakan dari mereka terperangkap pada aktivitas negatif seperti chatting, games, judi dan sex online.
Mereka yang kecanduan internet seakan-akan hidup di dunianya sendiri, karena apa yang mereka inginkan selalu disediakan di internet. Sehingga mereka akan merasa kehilangan dan gelisah jika tidak ada koneksi internet.

Dampak Negatif
            Menurut Dr. Diane M. Wieland dari Perspectives in Psychiatric Care, kecanduan internet dapat berdampak buruk terhadap kehidupan si pecandu internet walaupun sampai saat ini kecanduan internet belum dapat disebut sebagai sebuah penyakit.
Contoh kasus nyata yang disebabkan oleh kecanduan internet yaitu, seperti : Banyak anak yang tidak peduli akan masa depan. Hampir semua anak-anak  lebih memilih membolos sekolah dan pergi ke warnet untuk bermain games online daripada harus pergi ke sekolah. Para siswa ini menjadi kecanduan internet sehingga lupa waktu, bahkan sampai rela memakai uang bayaran sekolah  untuk membayar sewa games online.
Dampak negatif lainnya adalah dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS) yaitu gangguan fungsi mata yang disebabkan oleh radiasi monitor, karena sering berhadapan dengan monitor komputer. Dan sering terjadi rasa nyeri di punggung penderita karena syaraf di punggungnya terganggu akibat radiasi monitor.

Referensi :
http://www.wonosari.com/t3224-akibat-dari-kecanduan-internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar